Mengenal Macam-macam Budaya di Negara Thailand

Mengenal Macam-macam Budaya di Negara Thailand

Beda negara yang dikunjungi, tentu akan berbeda pula kebudayaan yang akan didapati. Di Thailand sendiri memiliki kebudayaan yang cukup beranekaragam. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke negara satu ini, maka tidak ada salahnya untuk sedikit mengenal macam-macam budaya negara Thailand yang ada.

Mulai dari budaya karya seni, budaya pernikahan, hingga budaya pemakaman yang memiliki karakteristik tersendiri. Seperti apa saja budaya negara Thailand tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Macam-macam Budaya Negara Thailand

Budaya negara Thailand adalah sebuah kebiasaan masyarakat Thailand yang sampai saat ini dilakukan. Yang mana budaya ini berarti dilakukan atas gabungan dari kepercayaan serta karakteristik asli dari daerah tersebut. Di bawah ini beberapa budaya yang bisa Anda ketahui di negara Thailand.

  1. Budaya karya seni yang sangat menarik

Salah satu budaya negara Thailand yang cukup menarik keberadaannya terdapat pada bidang seni. Mengapa budaya karya seni Thailand cukup menarik perhatian? Pasalnya, negara ini memang memiliki masyarakat yang didominasi dari daerah Budha. Dari hal tersebutlah yang menyebabkan masyarakat Thailand mampu menciptakan berbagai macam karya seni dengan desain dan arsitektur yang sangat khas. 

  1. Memiliki budaya olahraga yang beragam

Masyarakat di Thailand umumnya menyukai budaya olahraga yang cukup beragam. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka menyukai olahraga sepak bola dan takraw. Di Indonesia sendiri sepakbola juga sudah seperti budaya olahraga yang tidak kalah banyak penggemarnya. 

Sedangkan di Thailand juga banyak masyarakat yang menyukai olahraga takraw yakni permainan bola yang terbuat dari rotan. Olahraga ini memiliki aturan seperti olahraga voli, akan tetapi untuk memainkannya tidak boleh menggunakan tangan melainkan menggunakan kaki. 

  1. Budaya pernikahan yang ketat dengan berbagai upacara

Di negara ini, budaya pernikahan memiliki aturan tradisi dengan upacara yang cukup kental. Upacara tersebut umumnya banyak dilakukan oleh kalangan Buddhis. Yakni komponen Buddhis yang berupa pembacaan doa serta persembahan makanan/hadiah lain kepada para bhikkhu. Serta komponen non Buddhis yang budayanya berpusat pada masing-masing keluarga pasangan.

  1. Budaya pernikahan yang ketat dengan berbagai upacara

Selain beberapa budaya di atas, Thailand juga memiliki budaya pernikahan yang cukup ketat dengan berbagai upacara khusus pernikahan. Yang mana, upacara pernikahan ini dilakukan oleh masyarakat Thailand yakni kalangan Buddhis. Seperti

  1. Kebiasaan tradisional masyarakat di berbagai daerah

Budaya Thailand juga cukup kental dengan kebiasaan masyarakatnya. Umumnya, masyarakat Thailand dari zaman dahulu hidup dengan sangat tradisional dengan cara berkumpul. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman sampai saat ini, masyarakat tersebut juga sudah mulai membiasakan diri dengan hidup yang lebih modern.

Hal itulah mengapa apabila masyarakat di berbagai daerah Thailand dapat hidup dengan rukun, damai, serta memiliki toleransi yang cukup tinggi.

  1. Budaya pemakaman yang dilakukan masyarakat

Mungkin tak banyak orang yang tahu apabila budaya negara Thailand ini ternyata cukup tegas. Yakni sebuah pelarangan menangis saat prosesi pemakaman di tengah masyarakat Thailand. Pasalnya, masyarakat Thailand percaya apabila seseorang menangisi kepergian orang lain di pemakaman maka hanya akan membuat orang tersebut menjadi sedih dan tidak tenang dalam peristirahatannya.

Itulah mengapa budaya negara Thailand cukup diperhatikan dalam kegiatan pemakaman secara langsung. Terlebih, masyarakat juga percaya akan Kitab Budha mereka untuk tidak menangis dan meratap pada saat proses pemakaman diberlangsungkan.

Tentu saja, masih ada banyak budaya yang ada di negara satu ini. Beberapa budaya negara Thailand di atas merupakan sebagian kecil macam-macam budaya yang bisa Anda ketahui.